Pages

Kamis, 11 November 2010

SNB (Social Network Business)



Social Network Business atau biasa dikenal dengan layanan jaringan sosial yaitu layanan berbasis online yang melibatkan sosial antara satu orang dengan orang lainnya. Jaringan sosial pada masa ini sangat banyak digunakan oleh pebisnis apalagi anak muda, bahkan anak yang baru menginjak Sekolah Dasar saja sudah bisa menggunakan layanan jaringan sosial ini. Sebenarnya jaringan sosial seharusnya bisa diakses untuk yang sudah berumur 15 tahun keatas, tetapi banyak anak sekolah yang ‘nakal’ sehingga mereka memalsukan umur mereka pada email seperti  yahoo, gmail, msn untuk membuat akun  seperti facebook, twitter, foursquare, friendster dan lain sebagainya. Jaringan sosial kebanyakan berbasis web karena cara pengaksesannya menggunakan internet dan menggunakan browser. Jaringan sosial juga dimanfaatkan untuk menghubungi teman lama seperti contoh ibu saya ingin menghubungi temannya yang berada di Australia, tetapi jika menelepon pasti pulsa yang dibutuhkan akan sangat banyak, karena dirumah berlangganan internet maka ibu memanfaatkan jasa skype, sehingga bisa menelpon dengan gratis. 

Sejarah Jejaring Sosial
Pada sumber yang saya baca jejaring sosial pada awalnya bermula sejak komputer dengan komputer dapat dihubungkan dengan internet. Situs jejaring sosial di World Wide Web dimulai dalam bentuk komunitas online umum seperti Theglobe.com (1994), Geocities (1994) dan Tripod.com (1995). Awalnya  pengguna situs jejaring sosial ini fokus untuk berinteraksi pada sebuah chat room, pada akhirnya banyak ide-ide untuk mengembangkan jejaring sosial tersebut seperti contohnya mereka mempunyai ide-ide yang menyediakan web gratis atau dengan biaya yang murah. Clasmate.com membuat jejaring sosial dengan mulanya hanya mempunyai link melalui alamat email. Situs jejaring sosial mulai berkembang dengan adanya Friendster pada tahun 2002, friendster sangat menjadi incaran anak-anak muda pada saat itu dan berjaya pada masanya. Anak sekolah, kuliah serta perkantoran sangat ketagihan menggunakan fitur friendster, seperti halnya saya pada jaman SMA pasti jika berkenalan dengan teman baru akan menanyakan “Ada FS gak? Nama FS-nya apa?”. Semakin banyak teman semakin seru untuk bermain FS. Setelah FS muncul FB (Facebook) pada tahun 2005 tetapi pada saat itu FB tidak begitu dikenal ketimbang FB. Sekitar tahun 2008 FB mulai buming dan FS sedikit-sedikit mulai ditinggalkan karena fitur FB lebih menarik perhatian dari pada FB seperti contohnya FB memiliki fitur chat sedangkan FB tidak, tetapi sekarang FB pun telah memiliki fitur tersebut. Ada banyak situs aktif menggunakan berbagai model jejaring sosial saat ini.

Dampak Sosial
Dampak yang terjadi dari jaringan sosial sangat banyak, ada yang memanfaatkan untuk membuka usaha, untuk berkenalan, untuk mencari teman yang semasa kecil, dan semua itu dengan cara yang mudah dan tidak memakan biaya yang banyak. Membuka usaha contohnya di Multiply kita bisa share foto-foto yang akan kita jual atau kita perlihatkan kepada konsumen sehingga kita tidak perlu membuka toko dan memperhitungkan biaya penyewaan tempat, listrik, dan sebagainya. Kita hanya perlu satu akun yang akan kita share ke akun-akun yang lain untuk diperlihatkan dagangan kita. Jejaring sosial untuk berkenalan contohnya jika kita ingin menambah teman di facebook, myspace, foursquare, twitter dan lain-lain. Tetapi sangat disayangkan jejaring sosial banyak disalah gunakan, contohnya ada jual beli anak di facebook ataupun ada yang diculik dengan berkenalan di facebook, maka dari itu kita harus waspada dengan kenalan kita sendiri bisa saja dia akan berbuat jahat kepada kita. Mencari teman semasa kecil, maksudnya disini mencari teman pada saat kita TK, SD, SMP, SMA, ataupun Kuliah kita bisa mencarinya dengan memasukan nama lengkap orang tersebut.

Kisah Sukses Twitter

Selain jejaring sosial facebook kini Twitter fenomenal di dunia maya, anak muda tidak lepas dari update-an twitter mereka masing-masing. Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., mulai didirikan pada tahun 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada referensi yang saya baca twitter dari pembentukannya tahun 2006 langsung populer diseluruh dunia.  Fasilitas twitter hanya 140 karakter pesan yang dapat ditulis dan dikenal dengan istilah ‘Tweet’. Para pembisnis banyak yang memanfaatkan twitter untuk memasarkan produknya walaupun batasnya hanya 140 karakter. Mereka memasarkan produk mereka dan banyak juga manfaatnya seperti info-info yang diperlukan pengguna twitter. Tidak sedikit pula para artis memanfaatkan twitter untuk promo mereka dan bercengkrama dengan para fans. Di twitter ada istilah Trending Topic yaitu jika banyak yang di bicarakan di twitter itu akan menjadi Trending Topic pada saat itu.


Sumber : Arif , de-kill


0 comment:

Posting Komentar