Pages

Rabu, 24 Februari 2010

GAME - Bagian 2

GAME TEKNOLOGI
Pada masa ini sudah banyak game yang dibuat. Game yang dibuat tersebut bermacam – macam jenisnya, game itu sendiri dibuat dengan teknologi yang sedang berkembang mengikuti zaman. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang game berteknologi itu sendiri, salah satu game berteknologi itu sendiri adalah tamagotchi, Game Boy, PS, PSP dan lain – lain. Kenapa game yang disebutkan sebelumnya disebut game berteknologi? Karena untuk memainkan game –game tersebut kita menggunakan media dimana kita bias memainkan permainan tersebut dengan mudah. Kata “mudah” disini kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara untuk memainkan game tersebut karena pembuat game telah memodifikasi sedemikian rupa dengan bantuan teknologi. Dengan bantuan teknologi tersebut pembuat game merancang agar setiap orang dapat bermain dengan mudah. Contohnya tamagotchi, Binatang kesayangan bernama Tamagotchi muncul di atas pemandangan konsol permainan. Pemilik menikmati permainanya dengan memelihara Tamagotchi itu, misalnya memberi makanan, membersihkan kamar Tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi ddl. Tamagotchi dalam keadaan menyenangkan waktu berkomunikasi dengan baik. Tetapi Tamagotchi menjadi marah kalau pemelihara meleleikan pemeliharaan. Keadaan terburuk, Tamagotchi bisa mati pun. Dengan memelihara seperti ini, Tamagotchi mengubah bentuk diri ke "Oyajitch (Tamagatchi berbentuk Oyaji)", "Nyorotchi (Tamagotchi berbentuk ular)" dan lain-lain yang sifatnya dan bentuknya bermacam-macam. Bagaimana Tamagitchi mengubah diri dipengaruhkan oleh cara pemeliharaan, berat badannya dan suasana hatinya.
Lain-lainnya, konsol permainan ini bisa dipakai untuk arloji saja. konsol permainan itu berbentuk telur ban panjangnya 53 mili meter. Tiga saklar ada di bawah pemandangannya. Saklar yang ada di ter-kiri untuk "memilih". Yang tengah untuk "menuntukan" dan yang ter-kanan untuk "membatalkan". Sistem saklar ini mempegaruhi banyak konsol permainan yang akan datang. Dengan demikian pemilik sangat mudah memainkannya.

Urutan pembuatan game
TAHAP – TAHAP PEMBUATAN GAME
Dalam pembuatan game, diperlukan beberapa tahap yang penting sebagai berikut :
1. Menentukan jenis (Genre).
Tahap pertama sebaiknya menentukan jenis game yang akan kita buat, kita dapat memilih jenis game yang kita sukai apakah game yang berjenis : Action Game,  Adventure Game, Role-Playing Game, Strategy Game, Simulation Game, Vehicle Simulation Game, Board Games, Card Games, Athletic Games, Children Games.
2. Membuat jalan cerita (Story Line Making).
Pada tahap kedua ini adalah tahap membuat jalan cerita (Story Line Making) sebelum Anda memasuki proses pembuatan program game, sebaiknya Anda buat jalan cerita dari game tersebut, agar game yang dibuat memiliki jalan cerita yang baik dan dapat disukai oleh para pengguna game. Pembuatan jalan cerita juga memudahkan kita untuk membentuk hal-hal apa saja yang akan ditampilkan pada game yang dibuat.
3. Membuat Level Design (Game Mapping).
Tahap ini merupakan tahap pembuatan suatu level (stage atau mission) dalam game. Tahap ini merupakan tahap yang sangat penting dan banyak digunakan pada berbagai jenis game. Dalam pembuatan level design terdapat beberapa tahap, yaitu :
  • Membuat layout map yang besar dengan membuat suatu bukit, ruangan, terowongan, dsb. Yang digunakan sebagai tempat bergeraknya player atau enemy.
  • Menspesifikan beberapa lokasi/daerah dimana aktivitas atau tingkah – tingkah yang spesifik berlangsung.
  • Menspesifikasikan entitas lain pada map.
  • Menspesifikasikan bagian mana yang menjadi perpindahan level, lokasi suatu pintu, hidden passageway, dsb.
  • Menspesifikasikan lokasi keluar masuknya satu atau lebih player.
  • Membuat map seakan terasa nyata dengan memberikan detail seperti level-specific graphic textures, sound, animation, lighting dan musik.
  • Beberapa teknik tambaham diperlukan, seperti pembuatan script, dimana aksi yang dilakukan oleh player dapat memunculkan event tertentu.
  • Jalur yang digunakan oleh non-player karakter saat berjalan, aksi yang dilakukan sebagai respon dari hal – hal tertentu, dan dialog yang mungkin terjadi dengan player.
4. Menciptakan karakter / tokoh (Character Design).
Membuat karakter / tokoh (Character Design), Tahapan ini digunakan untuk menciptakan suatu karakter atau tokoh dalam game yang dibuat, untuk membuat karakter dapat menggunakan beberapa tampilan grafis 2D atau 3D, seperti : animasi, semi realis, dan realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat karakter dari game Anda, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan
5. Membuat bagan alur game (Follow Charting).
Membuat bagan alur game atau sering disebut Follow Charting adalah urutan atau system jalannya game yang akan dibuat. Mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus ditentukan, pembuatan bagan alur game berfungsi agar game yang Anda buat berjalan dengan baik dan dapat dimengerti oleh pengguna. Bagan alur juga berfungsi untuk mempermudah Anda menentukan mulai dan akhir dari proses jalannya program game yang Anda buat. Game yang anda buat juga akan lebih terstuktur, jika game Anda terdiri dari beberapa level tentunya anda perlu memiliki bagan alur, karena pada setiap level, mission yang dijalankan pasti berbeda-beda.
6. Membuat program game, baik gambar maupun suara (Programing).
Dalam pembuatan program game, elemen terpenting adalah gambar dan suara, jika game yang Anda buat memiliki gambar resolusi yang baik tapi tidak memiliki suara atau sounds efek, rasanya game anda seperti kehilangan nilainya, begitupun sebaliknya, karena hal tersebut pilihlah suara dan gambar yang baik sesuai dengan game yang anda buat. Untuk pilihan suara sebaiknya Anda sesuaikan dengan aksi-aksi yang terdapat dalam game anda seperti main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya gunakan sounds yang seirama. Sedangkan untuk gambar background dan karakter sesuaikan dengan jenis game yang Anda buat sebaiknya gunakan gambar yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang sering Anda lihat, agar gambar terlihat lebih natural.
7. Mencari kesalahan / error game yang sudah selesai dibuat (Debugging).
Selanjutnya  tahapan Debugging, tahapan ini merupakan tahapan yang penting, karena pada tahap ini game yang anda buat sebelum dipublikasikan harus diperiksa kesalahannya secara berulang kali hingga keadaan game anda dinyatakan tidak terdapat kesalahan, Hal ini diperuntukkan agar pada saat dipublikasikan game yang Anda buat bebas dari kesalahan atau ERROR.
8. Melakukan uji coba / trial game dalam bentuk Beta Version (Playtesting)
Proses ini digunakan untuk menyempurnakan dan menentukan masih adakah error / kesalahan dan kelemahan game yang Anda buat, agar tidak gagal dipasaran atau game yang dihasilkan  kurang sempurna.
9. Membuat judul (Title)
Pembuatan Judul game tidak perlu pada tahapan awal, karena judul game dapat ditentukan pada tahap yang paling akhir sebelum game yang Anda buat dipublikasikan. Pembuatan Judul game sebaiknya mewakili isi dari game yang Anda buat atau buatlah Judul game yang menarik yang dapat menarik minat dari para pengguna game.
10. Penyelesaian game dalam bentuk Full Version, siap dijual (Release) dan Publikasikan.
Tahap ini merupakan tahap dimana Anda harus menyelesaikan program game Anda agar game yang akan Anda release lebih sempurna. Setelah program game Anda sempurna bentuk game Anda dalam Full Version artinya game Anda sudah siap dipublikasikan, atau jika Anda ingin mendapatkan keuntungan Anda dapat menjual game yang Anda buat.
Teknologi yang dipakai dalam pembuatan Game
Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam. Mari kita bahas satu persatu:
1.  Game maker
Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic ,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.
Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.
Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker).

2.  RPG MAKER(R.M)
Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game). Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa.
Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
3.  AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”.
Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter.
4.  Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Developer: Macromedia (Sekarang Adobe)
Difficulty: Easy
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini.
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
5.  3D Game Studio
Developer: Conitec
Difficulty: Intermediate
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll .
Profesi dalam Pembuatan Game
Profesi dalam membuat game itu bisa terbagi jadi suatu kelompok karena setiap orangnya mempunyai spesialisasi sendiri - sendiri, seperti :
- programmer
- orang graphic design
- orang music composer
- orang texture maker
- orang 3d modeler
- orang pengatur gerakan (koreografer)
                                                                                                                                   
Sumber :



0 comment:

Posting Komentar