Pages

Rabu, 24 Februari 2010

Tugas GrafKom


GRAFIK KOMPUTER
Dalam perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali menggunakan grafik komputer. Salah satu istilah yang ada dalam grafik komputer adalah “Realisme”. Realisme mempunyai standar baru yang sangat penting dalam meningkatkan pembuatan animasi grafis, baik untuk iklan, film, film kartun dan lain-lain. Standar realisme yang di maksud yaitu perilaku. Perilaku terdiri dari : animasi karakter atau pergerakan objek, fenomena alam, fisika newton, dan sebagainya.
RENDERING
Rendering (pengecatan) adalah sebuah cara dalam grafika computer untuk membuat pemandangan nampak ‘nyata’ atau visualisasi objek 3D menjadi riil. Untuk rendering objek 3D, ada beberapa factor yang mempengaruhi, diantaranya factor cahaya, sifat/karakteristik bahan, posisi kamera dan lain-lain. Suatu citra yang mengalami proses rendering yang baik akan menghasilkan gambar hasil akhir. Sedangkan tanpa rendering tidak akan menghasilkan gambar.
Proses rendering dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : lighting dan texturing.


LIGHTING
Lighting atau pencahayaan merupakan suatu metode yang dapat kita terapkan pada proses rendering untuk menjadikan sebuah objek menjadi terlihat berbeda. Untuk memperlihatkan bahwa lighting atau pencahayaan akan mempengaruhi pandangan terhadap sebuah objek.
Dalam proses rendering , lighting dipengaruhi oleh factor-faktor sebagai berikut :
1.jarak objek dengan sumber cahaya,
2.posisi objek,
3.bentuk permukaan objek.
Untuk memahami dasar-dasar lighting kita mulai dengan memperkenalkan model bayangan.
1.MODEL BAYANGAN
Sebuah objek akan memberikan sifat yang berbeda pada saat dikenai cahaya. Ada yang memantulkan, membiaskan ataupun menyerap cahaya. Selain itu, ada objek yang apabila dikenai cahaya maka akan menimbulkan bayangan. Terdapat dua cara pemberian bayangan pada proses rendering :
1)Bayangan rata (flat shading)
Pemberian bayangan rata (flat) merupakan cara termudah untuk dibuat. Bayangan rata mempunyai karakteristik sebagai berikut :
Pemberian tone yang sama untuk setiap polygon.
Penghitungan jumlah cahaya mulai dari titik tunggal pada permukaan.
Penggunaan satu normal untuk seluruh permukaan.
Pemberian bayangan rata ini mengasumsikan bahwa setiap muka polygon dari sebuah objek adalah rata dan semua titik pada permukaan mempunyai jarak yang sama dengan sumber cahaya.
2)Bayangan halus (smooth shading)
Cara ini mengijinkan kita untuk membuat perubahan setahap demi setahap dalam pemberian bayangan pada sebuahnpermukaan. Cara ini juga mengijinkan pemberian bayangan pada satu muka lebih pudar dibandingkan muka yang lain. Ini akan menghasilkan permukaan yang lebih halus.
Bayangan timbul disebabkan oleh adanya sumber cahaya. Di sekitar kita banyak didapati pelbagai sumber cahaya, contohnya : cahaya matahari, neon, lampu pijar dan lain sebagainya. Jenis cahaya dari pelbagai sumber cahaya sering diasumsikan dan dimodelkan dengan cahaya titik dan cahaya lingkungan. Dengan dua jenis cahaya ini memudahkan pembuatan model bayangan dan pantulan.
Teknik untuk meningkatkan kualitas gambar
  1. Texture-maps: memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail.
  2. Environment-maps: memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri.
  3. Bumps-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah.
  4. Normal-maps: dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’ teknin ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map.
  5. Shadow-maps: membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.Teknik dalam Geometri

Teknik Geometri
  1. Texture-mapping
  2. Polygonization: dengan merubah bentuk asli objek, namun, ini membutuhkan resource hardware yang besar.
  3. Splines: merupakan teknik yang menggunakan representasi permukaan matematis.
  4. Implicit Surface: teknik ini didasarkan pada fungsi x,y, dan z
  5. Subdivision surface: membagi objek menjadi segitiga yang bertumpuk.
  6. Degradasi: menganti poligon pada objek yang berada pada posisi yang jauh, menghemat waktu render.
  7. Mesin decimation: mengurangi poligon pada suatu objek untuk menghemat waktu rendering.

Sumber :


0 comment:

Posting Komentar