Pages

Rabu, 01 Desember 2010

Quiz Jarkom Lanjut

Jaringan Optik Sinkron
 
1. Komunikasi Broadband
Secara Umum, Broadband dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki kecepatan tinggi, kapasitas tinggi. Broadband menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-Lan, V-Sat, dsb. Rentang kecepatan layanan bervariasi dari 128kbps/100mbps. Dalam Draft RPM Penataan Pita Frekuensi Radio untuk Keperluan Layanan Akses Pita Lebar Berbasis Nirkabel (Broadband Wireless Access) diusulkan definisi Broadband adalah layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kemampuan kapasitas diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1.

2. Keuntungan SONET
Synchronous optical network (SONET) menawarkan biaya transport yang efektif pada jaringan akses dan jaringan inti/core. Lapisan optic menyediakan layanan transport untuk aplikasi jarak jauh. Dia juga secara langsung men- support layanan data. Keuntungan SONET adalah dapat memberikan fungsionalitas yang bagus baik pada jaringan kecil, medium, maupun besar.
-          Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM.
-          Manejemen bandwith berfungsi untuk proses routing, dan manajemen trafik.
-          Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.

3. Prinsip Kerja ATM :
ATM telah direkomendasikan oleh CCITT sebagai mode transfer untuk B-ISDN.
       Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi.
  Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya. Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header.
  Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan.
  Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim.
  Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.

4. DSL
DSL (Digital Subscriber Line) adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan Lupload lebih rendah dari download untuk ADSL  dan sama cepat untuk SDSL. Teknologi DSL digunakan oleh operator penyelenggara fixed telephone (fixedcarrier) untuk optimasi penggunaan copper fiber yang ada, memiliki skala ekonomis pada infrastruktur yang ada,dan modem memiliki tingkat keamanan dan kualitas layanan yang baik pada bandwidth yang tinggi.

0 comment:

Posting Komentar