Pages

Selasa, 19 Oktober 2010

ATM

ASYNCHRONOUS TRANSFER MODE (ATM)
Saat ini ATM dirasa sebagai teknologi masa depan yang telah mampu diterapkan sampai hari ini. Hal utama yang membuat penjualan teknologi ATM meningkat pesat adalah ia merupakan teknologi pertama yang mampu mentransmisikan berbagai tipe lalu lintas seperti suara, video, dan data melalui mekanisme transmisi digital tunggal.
            Sebagai hasil dari arsitektur swithcingnya, ATM mampu mendukung multimedia dan jaringan yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Pada dasarnya ATM lebih mahal tetapi lebih mudah di akses ke resource-resource sehingga lebih produktif dibandingkan dengan Ethernet, Token Ring, dan lain-lain. ATM juga menyediakan QOS (Quality Of Service) dengan menjamin adanya prioritas bagi tipe lalu lintas tertentu bila dibutuhkan.
Sekarang dengan perpaduan ATM dengan asymmetric digital subscriber loop (ADSL ) menjadi standart yang diakui, perusahaan kecil mempunyai prospek terhadap akses langsung ATM dan merupakan salah satu teknologi yang memberikan pelayanan yang sangat cepat melalui jalur kabel standart. Teknologi ini dapat menghubungkan banyak pelanggan yang berada di berbagai tempat.
ADSL membagi spectrum sampai 2,2 Mhz unit melalui kabel menjadi 3 (tiga) kanal, kanal berkecepatan tinggi mampu mengirim sampai dengan 6,1 Mbps (atau lebih) untuk melayani pelanggan setempat.
Kanal medium speed duplex dengan jangkauan antara 16-640 Kbps untuk melayani jalur upstream, kontrol informasi ; dan plain old telephone service (POTS) untuk penggunaan suara secara normal. Kanal data dapat melakukan multiplexed untuk melayanani kanal-kanal yang lebih rendah.
Jalur data Asymmetric telah diciptakan untuk kedua teknologi tadi dan service base.
Dalam kabel yang lebih besar kumpulannya mempunyai kemungkinan yang besar pula untuk terjadi cakap-silang (crosstalk ) dari gangguan sinyal yang satu dengan yang lainnya.
Gangguan tersebut jarang terjadi dalam sinyal Asymmetric  walaupun terdapat banyak kabel asymmetric dalam bundel. Akses internet, pengriman gambar dan akses kontrol jarak jauh (remote) Local area network semuanya memerlukan High Downstream rate dan lower speed upstream.




Contoh Penyebaran ADSL Spectrum

Karakakteristik
Dua karakter dari ATM adalah besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata. Kedua adalah mengingkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, peralatan ATM dapat menggabungkan 16 saluran menajadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hampir sebesar 2,5 juta bit per detik. 

 Artikel ini saya buat bersama teman saya Siti Rahma 

0 comment:

Posting Komentar