Pages

Jumat, 22 Oktober 2010

Quality of Service (QoS)

Quality of Service (disingkat menjadi QoS) merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

Kinerja jaringan komputer dapat bervariasi akibat beberapa masalah, seperti halnya masalah bandwidth, latency dan jitter, yang dapat membuat efek yang cukup besar bagi banyak aplikasi. Sebagai contoh, komunikasi suara (seperti VoIP atau IP Telephony) serta video streaming dapat membuat pengguna frustrasi ketika paket data aplikasi tersebut dialirkan di atas jaringan dengan bandwidth yang tidak cukup, dengan latency yang tidak dapat diprediksi, atau jitter yang berlebih. Fitur Quality of Service (QoS) ini dapat menjadikan bandwidth, latency, dan jitter dapat diprediksi dan dicocokkan dengan kebutuhan aplikasi yang digunakan di dalam jaringan tersebut yang ada.

Di bidang jaringan komputerdan packet-switched jaringan telekomunikasi, rekasaya lalu lintas jangka waktu kualitas layanan (QoS) mengacu untuk mengontrol mekanisme reservasi resource daripada kualitas pelayanan yang dicapai. Kualitas layanan adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau data arus, atau untuk menjamin tingkat kinerja tertentu ke aliran data. Misalnya, dibutuhkan bit rate , delay , jitter paket menjatuhkan probabilitas, dan / atau kesalahan bit rate dapat dijaminJaminan kualitas layanan merupakan hal penting jika kapasitas jaringan yang memadai, terutama untuk real-time streaming multimedia aplikasi seperti voice over IP , game online dan IP-TV , karena ini tetap memerlukan bit rate sering dan sensitif terhadap delay, dan dalam jaringan di mana kapasitas adalah sumber daya terbatas, misalnya dalam komunikasi data selular.

Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS mungkin setuju pada kontrak lalu lintas dengan perangkat lunak aplikasi dan kapasitas cadangan di node jaringan, misalnya selama tahap pembentukan sesi. Selama sesi mungkin dicapai memantau tingkat kinerja, misalnya data rate dan keterlambatan, dan secara dinamis mengontrol penjadwalan prioritas dalam node jaringan. Hal itu dapat melepaskan kapasitas penyaluran selama merobohkan fase.

Sebuah terbaik-upaya jaringan atau layanan tidak mendukung kualitas layanan. Sebuah alternatif untuk mekanisme kontrol QoS kompleks adalah untuk menyediakan komunikasi berkualitas tinggi melalui jaringan terbaik-upaya oleh lebih-provisioning kapasitas sehingga cukup untuk beban puncak lalu lintas yang diharapkan

QoS kadang-kadang digunakan sebagai ukuran kualitas, dengan definisi banyak alternatif, daripada mengacu pada kemampuan sumber daya cadangan. Kualitas layanan kadang-kadang mengacu pada tingkat kualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan.

1 comment:

Dede Syahputra mengatakan...

thank's gan atas artikelnya,,
ijin sedot gan,,

Posting Komentar